Jumat, 20 April 2012

Pemimpin

Allah SWT mengutus nabi Adam AS sbg Khalifah pertama atau pemimpin pertama di muka bumi ini dan semua makhluk harus patuh pada nabi Adam. nabi Adam AS diutus sebagai khalifah karena dia adalah manusia dan makhluk sempurna yang diciptakan oleh Allah. Allah lebih memilih nabi adam sebagai pemimpin dibandingkan Malaikat atau makhluk Allah yang lain karena manusia memiliki akal, pikiran, iman, dan hawa nafsu, sedangkan malaikat tidak memiliki hawa nafsu yang membuat dia selalu mentaati segala perintah Allah SWT. Karena syaitan tidak menerima keputusan Allah, maka ia mengekang perintah Allah dan selalu menggoda manusia dalam hal apapun, termasuk memimpin suatu kaum atau kelompok dalam hal kebaikan.

Setelah wafatnya Nabi Muhammad SAW sbg Nabi dan Rasul terakhir, terdapatlah Khulafaur Rasyidin (KR). KR merupakan pemimpin yang menggantikan Rasulullah dalam hal kenegaraan, bukan sebagai Nabi. Setelah para KR wafat, maka di gantikan oleh khalifah dari kaum bani Umayyah dan seterusnya.

Setelah para khalifah wafat dan zaman mulai berganti, pemimpin suatu negara menjadi kaisar, raja, perdana mentri atau presiden. dizaman saat ini (abad 21) sebuah kelompok pasti membutuhkan seorang pemimpin. Baik kelompok Besar maupun kecil. Pemimpin merupakan seorang sosok yang mampu membimbing, membantu, mengarahkan ke arah yang lebih baik dan memikul beban berat pada dirinya atas kelompok yang ia pimpin. Suatu kelompok ataupun individu seperti wanita tanpa adanya seorang pemimpin yang arif, bijaksana, baik dan berbudi luhur akan membuat diri mereka tanpa arah yang jelas, walaupun ada Allah SWT. Pemimpin di akhirat nanti akan dimintai pertanggung jawaban oleh Allah atas yang ia pimpin, walau itu hanya sebuah keluarga saja. apabila ia memimmpin dengan baik, insya Allah akan dimudah kan dalam dipertanyakan atas kepemimpinannya. Namun, apabila apabila ia memimpin dengan buruk sehingga kaum.kelompok yang ia pimpin jatuh dalam keburukan, maka akan sulit ia dalam pertanggung jawaban tindakannya di dunia.

Maka sebab itu, hargailah seorang pemimpin itu, janganlah menjatuhkan ia dengan kekurangannya. Dan apabila pemimpin itu kemampuannya kurang dari pada orang yang ia pimpin, hargai lah jangan mengolok-oloknya karena tanpa pemimpin takkan tahu kemana kelompok itu akan di bawa.

ciri pemimpin yang baik menurut saya :
1. Baik Akhlaknya
2. Pintar akalnya
3. Bijaksana
4. Beriman Kepada Allah SWT/Tuhan
5. Kuat Imannya atas Ujian yang diberi
6. Tidak sombong dan tetap rendah hati kepada sesama manusia walau ia hanya orang sederhana

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

TWITTER

Menu

MY SELF

Aku adalah seorang laki-laki biasa, yang masih banyak memiliki kekurangan. saat ini yang ku inginkan hanya membahagiakan orang tua ku dan membuktikan kepada seseorang bahwa diri ku ini dapat maju dan menjadi orang sukses yang tetap beriman kjepada Allah SWT. Aku hanya ingin mendapatkan jodoh yang di ridhai Allah dan orang tua ku dan bisa menerima ku apa adanya dan mendampingi ku selalu selama itu masih beriman.